Olahraga

Kenali Permainan Olahraga Tenis Meja Indonesia Mudah dan Praktis

tenis meja
65Views

Olahraga Tenis Meja – Pernahkah anda bermain Olahraga Tenis meja atau yang biasa disebut pingpong ini ? yuk telusuri sejarah permainan ini ,

Permainan Tenis Meja atau pingping merupakan jenis olahraga tenis Indoor yang dilakukan satu lawan satu ataupun  berpasangan.

Permainan ini cukup terkenal di Tiongkok dengan julukan pingpang, permainan ini mengunakan media bernama raket seukuran 2 telapak tangan dengan dilapisi karet sebagai penambah daya bentur dan rotasi bola disebut bet.

Di Indonesia cabang olahraga ini punya lembaga resmi bernama PTMSI atau kepanjangan dari Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk tingkat Internasional terdapat lembaga yang mengurus bernama ITTF ( International Table Tennis Federation ) kini anggotanya mencakup 217 negara dan Indonesia resmi bergabung sejak tahun 1961

Percaya atau tidak , ada catatan sejarah mengenai kehadiran permainan cukup ramah ini , sekitar pada abad 19 permainan ini dimainkan oleh kaum bangsawan sehabis makan malam .

Pada penemuan awalnya diberi nama Whiff Whaff dan digunakan sebagai media hiburan oleh tentara Inggris di India dan Afrika Selatan.

Sebelum pengunaan net resmi, mereka mengunakan media buku sebagai penganti batas jaring dan bola golf sebagai penganti bola pingpong, kedua buku yang cukup keras biasanya dipilih sebagai penganti bet.

Sekembalinya ke Inggris permainan ini pun ikut dibawa dan muali dikenal hingga ke Amerika Serikat . Nama ping pong sendiri telah menjadi nama merek dagang resmi oleh Perusahan Inggris Jaques dan Son Ltd.

Oleh karena itu Pingpong pun tidak digunakan sebagai nama resmi permainan ini dan Table Tenis lebih kerap digunakan untuk menyebutkan olahraga ini secara resmi. (mengacu pada ITTF)

Tahun 1901 pun pengunaan bola Seluloid atau bulat plastik keras dirasa pilihan yang  tepat oleh James W.Gibb sebagai penanda lahir bola pingpong pertama didunia.

Pertandingan resmi tingkat kejuaran dunia pertama kali diadakan pada tahun 1926 yang menandakan terbentuknya badan resmi baru ITTF disusul pada tahun 1933 oleh Masyarakat Amerika dengan nama Tenis Meja Amerika.

Barulah pada tahun 1950 pengunaan perlengkapan tenis meja mengalami kemajuan pesat hingga yang masih digunakan sekarang ini. seperti bet yang diberi busa spon serta karet untuk meningkatkan laju dan rotasi bola serta ukuran meja yang direvisi resmi.

Tenis meja pun tercatat dalam cabang olahraga Olimpiade pertama kali  di tahun 1988.

Ukuran olahraga  tenis meja yang modern , miliki ketinggian net yakni 15,25 cm dan terletak di garis tengah antara kedua sisi  pemain sebagai batas area .

Panjang meja olahraga tenis meja mencapai 274 cm dengan kelebaran 152,5 cm, ketinggian papan meja adalah 76 cm dan dinilai cocok untuk dimainkan seseorang dengan tinggi 130 cm ke atas.

Sejarah olahraga Tenis meja di Indonesia pertama kali

Setelah tahu tentang sejarah olahraga tenis meja , ternyata perkembangan nya tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Pada tahun 1930 dibalik masa penjajahan Belanda , Olahraga tenis meja dibawa Belanda untuk mengisi Balai-balai Pertemuan dengan tujuan rekreasi.

Untuk kaum Indonesia baru yang diizinkan berlatih hanya yang berasal dari keluarga pamong ataupun anggota dari pekerja balai pertemuan tersebut.

Namun lambat laun permainan ini diperkenalkan secara luas hingga pada tahun 1939 sebelum perang dunia meletus dan Inggris menguasai Indonesia, terbentuk badan PPPSI atau Persatuan Pingpong seluruh Indonesia.

Namun puncaknya organisasi ini berjalan pada tahun 1958 dengan mengadakan kongres di Surakarta. dan mengubah nama Pingpong menjadi tenis meja atau PTMSI.

Permainan ini pun dikembangkan pada tingkat-tingkat sekolah sebagai pengisi kegiatan pelajaran olahraga.

Menarik bukan Olahraga tenis meja ? memang permainan ini sangat seru dimainkan di masa sekolah Robi.

semoga artikel ini dapat memacu keinginan pembaca untuk bermain tenis meja selamat mencoba!

1 Comment

Leave a Reply