Informasi MenarikTeknologi

Teknologi Sensor Sidik Jari Fingerprint Pada Handphone

Teknologi Sensor Sidik Jari Fingerprint Pada Handphone

fingerprint sensor
41Views

Fingerprint sensor – Belakangan ini handphone dianggap canggih dan kekinian apabila memiliki sensor sidik jari atau fingerprint di bagian belakang handphone tersebut. Banyak jenis ponsel baru yang menanamkan teknologi ini di dalamnya. Tak hanya pada ponsel bagus saja teknologi ini diterapkan, namun pada handphone kelas low end dan merek china juga sudah menanamkan sensor fingerprint di bagian belakangnya.

Fingerprint sendiri dapat dikataan sebagai fitur baru yang ajib ada pada sebuah ponsel android baru. Namun tentu saja masih banyak pengguna awam yang belum paham apa itu fingerprints dan fungsi apa yang dibawa dari sensor tersebut. Apa sebenarnya fungsi dan guna dari finerprints ini sendiri? Postingan kali ini akan menjawab mengenai fungsi dari sensor sidik jari fingerprint sensor yang ada di smartphone.

Fungsi dari sensor fingerprints ini adalah berawal dari sebuah ide besar yang sering ada pada sebuah film-film laga, di mana sebuah porat atau pintu daat dibuka dan diakses hanya dengan sekali sentuh menggunakan sidik jari saja. Hal tersebut tentu saja menjadi hal yang keren dan canggih. Hal yang seperti itulah yang diterapkan pada sebuah smartphone android terkini. Jadi kalau ingin membuka kunci layar pada sebuah handphone, tinggal menempelkan jari pengguna pda bagian yang sudah ada pada handphone. Sebenarnya fingerprint sensor sendiri adalah sistem scanning yang menganalisa bentuk sidik jari pemilik handphone tersebut. Hal tersebut memberi tingkat keamanan yang tinggi bagi ponsel android miliki pengguna. Tidak akan ada yang bisa mengakses handphone kecuali pemiliki handphone itu sendiri.

Semua data baik itu foto, pesan, aplikasi dan semua yang ada di handphone tak akan bisa diketahui oleh orang lain keculai di pemilik handphone itu sendiri. Selain tingat keamanan yang tinggi, dengan adanya sensor sidik jari fingerprint juga membuat proses membuka kunci handphone menjadi lebih cepat dibanding dengan memasukkan kode-kode biasa. Kalau dengan kode atau pola dapat diintip dan diketahui oleh orang lain, maka dengan fingerprints ini sendiri ta ada peluang bagi orang lain untuk dapat membuka handphone milik orang lain.

sensor sidik jari

Apakah sensor sidik jari ini akurat? Sejauh penggunaan masyarakat Indonesia sampai saat ini, penggunaan fingerprints terbuti akurat dan tepat. Bahkan fingerprint tak hanya dapat menyimpan satu sidik jari saja, namun sapat menyimpan sampai sekaligus beberapa sidik jari. Anda dapat menyiapkan sidik jari cadangan, atau bila ingin menggunakan sidik jari orang lain agar bisa mengakses satu hape, maka hal itu bisa saja. Sidik jari yang bisa disimpan mencapai 5 sidik jari dalam satu handphone.

Sebagai alternatif sidik jari yang salah atau bila mungin suatu hari nanti jari jemari pengguna mengalami kerusakan, ada alternatif lain yang dapat digunakan untu membua handphone yakni dengan memasukkan pola, kode atau sensor wajah tergantung dari opsi mana yang pengguna hape pilih dan opsi apa yang tersedia. Kebanyaan bentuk dari sensor fingerprint ini biasanya bulat, namun ada yang kotak belakangan ini. Mungkin menyesuaikan dengan style handphone yang bersangkutan. Biasanya letaknya ada di bagian belaang handphone, tepat di bawah kamera. Namun ada juga yang menaruh sensor ini di bagian depan handphone agar lebih memudahkan. Sensor ini mulai populer dan dianut oleh banyak handphone sejak tahun 2013, saat itu iphone 5s baru rilis. Semoga informasi mengenai teknologi fingerprint ini dapat membantu pencarian Anda.

Baca juga : Teknologi Jam Tangan Pintar Gear Samsung Vs Apple !

Leave a Reply